Sabtu, 11 Juni 2011

biografi tokoh


BIOGRAFI PENULIS NOVEL
HARRY POTTER

http://www.harvardclubofjapan.org/public_img/news/99-speaker.jpg
J
oanne Kathleen Rowling atau J.K. Rowling (lahir 31 Juli 1965 di Chipping Sodbury, dekat Bristol, Inggris). Ia menjadi sorotan kesusasteraan internasional pada tahun 1999 saat tiga seri pertama novel remaja Harry Potter mengambil alih tiga tempat teratas dalam daftar "New York Times best-seller" setelah memperoleh peringkat yang sama di Britania Raya. Kemudian, saat seri ke-4, Harry Potter dan Piala Api diterbitkan pada bulan Juli tahun 2000, seri ini menjadi buku paling laris penjualannya dalam sejarah.

Latar Belakang Keluarga

Joanne Kathleen Rowling atau J.K. Rowling (Jo) dilahirkan oleh pasangan Peter James Rowling dan Anne Rowling pada tanggal 31 Juli 1965 di Chipping Sodbury, Gloucestershine, Inggris. Adiknya Dianne (Di) lahir di rumah mereka pada tanggal 28 Juni 1967 ketika Rowling berusia 23 bulan. Keluarga itu pindah ke desa di dekatnya Winterbourne ketika Rowling berusia 4 tahun. Dia menghadiri St Michael's Primary School, sebuah sekolah yang didirikan hampir 200 tahun yang lalu oleh abolisionis terkenal William Wilberforce dan pendidikan pembaharu Hannah More.
Masa kecilnya secara umum bahagia, walaupun dia tidak ingat semakin menggoda karena namanya "Rowling". Dia ingat sering mendapatkan namanya disebut "Rowling pin" dan dia memang sedikit kurang pintar dibanding teman-teman sekolahnya. J.K. Rowling mengatakan ia tidak pernah benar-benar hangat untuk namanya sendiri, meskipun, dia tidak ingat pernah menyukai nama Potter dari cukup usia dini.
Pada 16 Oktober 1992, Rowling menikah dengan jurnalis televisi Portugis, Jorge Arantes di Porto, Portugal. Kemudian, pada 27 Juli 1993 Rowling melahirkan seorang anak perempuan yang diberi nama Jessica Mitford. Tak lama kemudian, pada November 1993, pernikahan Rowling berakhir dengan perceraian. Dan Rowling beserta Jessica pindah ke Edinburgh, Skotlandia pada Desember 1993.
Tak lama setelah difilmkannya Harry Potter and the Sorcerer’s Stone (16 November 2001), Rowling menikah dengan Dr. Neil Murray di Skotlandia pada penghujung Desember 2001. Anak kedua sekaligus anak lelaki pertamanya yang bernama David Gordon Rowling Murray dilahirkan di Royal Infimary, Edinburgh pada 24 Maret 2003. Kemudian, setelah mengumumkan buku keenamnya, Harry Potter and the Half-Blood Prince, Rowling melahirkan anak perempuan keduanya, Mackenzie Jean Rowling Murray pada 23 Januari 2005.

Latar Belakang Pendidikan

J.K. Rowling belajar di sebuah sekolah di Gloucestershire, sebelum pindah ke Chepstow, South Wales pada usia 9. Saat Rowling berusia 9 tahun, ia dan keluarganya pindah lagi ke Tutshill. Di Tutshill, Rowling mulai bersekolah di sebuah sekolah dasar dan berlanjut ke Wyedean Comprehensive.
Setelah lulus Rowling melanjutkan ke  University of Exeter. Orangtuanya mendorongnya untuk belajar bahasa Prancis di University of Exeter. Dia agak menyesal memilih Perancis, ia mengatakan akan lebih suka belajar bahasa Inggris. Namun, orangtuanya berharap bahwa ia belajar sesuatu yang "lebih berguna" daripada bahasa Inggris. Pada tahun 1990 Rowling lulus dari Exeter University. Saat berumur 26 tahun ia pindah ke Portugal menjadi guru bahasa Inggris.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar