DISKUSI ATAU SEMINAR
S.K. 9. : Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
K.D .9.1 : merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
Indikator : Setelah mengikuti kegiatan ini ,siswa diharapkan dapat ;
1.Membaca bacaan sebagai bahan diskusi
2.Mendiskusikan sebuah topik dati berbagai sudut pandang
3. Mencatatat pokok-pokok yang dibicarakan dalam diskusi panel
4.Menuliskan saran dan pendapat dalam bentuk rangkuman
Materi
Wacana yang berjudul “ Heboh Senjata Biologis “ ( Buku Erlangga Kelas Xi Hal. 201-202 )
Petunjuk Belajar
1.Jumlah siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan penggunaan senjata biologis dilihat dari beberapa sudut pandang
2.Setiap Kelompok Menggunakan Sudut Pandang Yang Berbeda
3.Setelah berdiskusi di dalam kelompok, buatlah diskusi panel dengan peserta seliruh kelompok
4. Setiap kelompok mengirimkan wakilnya (sebagai panelis ) untuk menyampaikan sudut pandang kelompoknya
5. Tunjuklah seorang temanmu sebagai moderator
Berdasarkan penjelasan dari beberapa panelis dan pertanyaan dari peserta, siswa dapat mencatat pokok-pokok yang dibicarakan dalam diskusi tersebut. Berikut ini format yang dapat siswa gunakan.
DISKUSI PANEL
Topik:…………………………………
Panelis :.1……………………………………………..2………………………….
3……………………………………………..4………………………….
Pokok-Pokok Pembicaraan
A. Penjelasan Panelis
Panelis Pertama
……………………………………………………………………………………..
Panelis Kedua
……………………………………………………………………………………
Panelis Ketiga
………………………………………………………………………………….
Penelis Keempat
……………………………………………………………………………………..
Tanya Jawab
Pertanyaan :………………………………………………………………
Tanggapan:………………………………………………………………………
Materi Pengayaan
Pengertian Diskusi:
Diskusi berasal dari bahasa latin, yaitu discutio atau discusium yang artinya bertukar pikiran . Jadi diskusi merupakan suatu bentuk tukar pikiran yang teratur dan terarah, baik dalam kelompok kecil atau besar ,dengan tujuan untuk mendapatkan suatu pengertian , kesepakatan dan keputusan bersama mengenai suatu masalah.
Dikatakan diskusi ,apabila :
A. Ada masalah yang dibicarakan
B. Ada seseorang yang bertindak sebagai pimpinan diskusi
C. Ada peserta sebagai anggota diskusi
D. Setiap anggota mengemukakan pendapatnya dengan teratur
E. Kalau ada kesimpulan atau keputusan , hal itu disetujui semua anggota
Jenis Diskusi
1. Diskusi Panel
Melibatkan beberapa panelis yang mempunyai keahlian dalam bidang masing-masing dan bersepakat mengutarakan pendapat dan pandangannya mengenai suatu masalah dari berbagai sudut pandang..
Tidak selalu para panelis satu pendapat, bahkan perbedaan pendapat panelis lebih merangsang para pendengar. Dengan mendengarkan beberapa pendapat para ahli, pendengar akan dibimbing ke arah berpikir secara kritis dan melatih kemampuan menganalisis masalah. Berhasil atau tidaknya panel sangat tergantung kepada kelincahan moderator.
2. Simposium
Simposium hampir sama dengan panel, hanya lebih bersifat formal. Pemrasaran harus menyampaikan makalah mengenai suatu masalah yang disorot dari sudut keahlian masing-masing. Peranan moderator tidak seaktif dalam diskusi panel, tetapi sebaliknya para pendengar/ pesertalah yang lebih aktif berpartisipasi. Masalah yang dibahas dalam simposium mempunyai ruang lingkup yang luas, sehingga perlu ditinjau dari berbagai sudut/aspek ilmu untuk mendapatkan perbandingan. Dalam dimposium tidak diambil suatu keputusan, tetapi hanya untuk mendapat perbandingan tentang suatu masalah.
3.Seminar
Seminar merupakan pembahasan secara ilmiah, walaupun yang menjadi topik pembicaraan hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.. Berbeda dengan simposium, masalah yang dibahas dalam seminar mempunyai ruang lingkup yang terbatas dan tertentu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan jalan keluar dari suatu masalah . Oleh sebab itu, seminar harus diakhiri dengan kesimpulan atau keputusan , baik berbentuk usul, saran , resolusi, atau rekomendasi.
Secara garis besar seminar dilaksanakan sebagai berikut:
A. Dimulai dari mendengarkan pandangan umum tentang suatu masalah
B. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok (sidang komisi )
C. Kelompok-kelompok bersidang kembali untuk mensahkan kesimpulan komisi ( sidang pleno)
D. Hasil dirumuskan dalam bentuk usul , saran, resolusi, dan sebagainya yang dianggap perlu
4 .Lokakarya/ Workshop
Biasanya lokakarya ini diikuti oleh sekelompok orang yang bergerak dalam lingkungan kerja yang sejenis atau seprofesi
5. Brainstorming
Aktivitas dari sekelompok orang yang memproduksi/ menciptakan gagasan yang baru sebanyak-banyaknya.
6. Diskusi Kelompok
Keunggulan diskusi kelompok ; dapat melatih siswa berpikir secara logis, dapat mencontoh para peserta yang berbicara secara baik, dapat menumbuhkan keberanian karena dilaksanakan dalam kelompok, dapat menumbuhkan motivasi belajar, dan dapat menumbuhkan kreativitas berpikir
How to Play The Emperor Casino: Tips, Odds & Strategy
BalasHapusRead everything you need to know about the Emperor casino and learn how to play on slots. Get tips, หาเงินออนไลน์ strategy, 제왕 카지노 and strategy in 샌즈카지노 casinos.