Minggu, 05 Februari 2012

TATAKRAMA DISKUSI


TATAKRAMA BERDISKUSI
S.K. :9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
K.D. : 9.2. Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
Indikator :
Setelah mengikuti kegiatan ini, siswa dapat :
1.mendengarkan dan menganalisi pendapat seseorang
2.memberikan komentar/tanggapan terhadap pendapat yang didengar
3. Mengomentari jalannya diskusi yang telah berlangsung
Materi
Hal –hal yang perlu diperhatikan dalam berdiskusi
            Suksesnya sebuah diskusi sangat tergantun kepada kepemimpinan moderator atau pimpinan diskusi.
1.a. Tugas seorang pemimpin diskusi atau moderator ialah :
            1).menjelaskan tujuan dan maksud diskusi
2). Memberikan stimulan, anjuran, ajakan agar setiap peserta  betul-betul mengambil bagian dalam diskusi/seminar tersebut
            ………………………………………………………………………lanjutkan
  b.syarat moderator
1). Seorang pemimpin diskusi hendaknya berwibawa dan tidak memihak
………………………………………………………………..lanjutkan
2.a.Tugas seorang panelis/pemrasaran/narasumber
………………………………………………………………………………………………..
   b. Syarat panelis
………………………………………………………………………………………………….
3 a. Tugas peserta diskusi
…………………………………………
   B. Syarat peserta diskusi
4a. Tugas Notulis
……………………………………………………………………………………………..
  B.Syarat Notulis
Menyampaikan pendapat dalam diskusi /seminar
            Setiap peserta diskusi berhak mengeluarkan pendapat, baik yang bersifat menyetujui atau mendukung pendapat, atau menolak pendapat , dan mengajukan pertanyaan.
            Menyampaikan pendapat  dalam  diskusi/seminar memiliki aturan agar tercipta situasi diskusi yang kodusif.
1.      Mengajukan pertanyaan
Untuk mengajukan pertanyaan dalam diskusi atau seminar, peserta harus memperhatikan hal-hal berikut:
A. Pertanyaan tidak bersifat  memojokkan ……………………………………………………………………
      2.Menolak pendapat
A. Kritik tidak boleh memojokkan dan menjatuhkan mental pembicara
            ………………………………………………………………………………………
2.      Mendukung/menyetujui pendapat
……………………………………………….

Latihan :
1.Diskusikan dengan teman sebangkumu tentang pendapat pemrasaran yang telah kalian dengar.kemudian, sampaikan tanggapanmu atas pendapat tersebut dengan berpedoman pada bagan berikut ini !
                       
3.      Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang. Setiap kelompok akan mendiskusikan topik yang sama. Akan tetapi, sudut pandang yang disoroti berbeda.persoalan yang akan didiskusikan adalah ‘ membangun Kehidupan Demokrasi Di Sekolah “

1 komentar:

  1. bu saya agung rohman priambodo dari IX ipa 2.
    saya mau nanya bu, maksudnya abstrak dalam karya tulis ilmiah itu apa bu..?
    terima kasih

    BalasHapus